Tinjau Keberangkatan Jemaah Calon Haji 2023, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pastikan Jemaah Dapat Pelayanan Terbaik

sumber : Humas Lapas Banyuasin

Palembang – Menghadapi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel melalui Imigrasi akan berikan pelayanan terbaik untuk keberangkatan maupun kepulangan Jemaah calon haji embarkasi dan debarkasi Palembang.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya saat meninjau proses keberangkatan jemaah calon haji kloter 1 melalui embarkasi Palembang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, pada kegiatan itu Kakanwil Ilham Djaya turut didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Herdaus serta Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengungkapkan keberangkatan Jemaah calon haji asal Sumsel kloter pertama dimulai pada hari ini, pada 27 Mei 2023, Selain itu, ada juga jemaah yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung yang keberangkatannya melalui embarkasi Palembang.

“Berdasarkan data, Embarkasi Palembang akan memberangkatkan 8.192 jamaah tahun ini. Rincian jamaah terdiri dari 7.012 jamaah asal Sumsel, 1.065 jamaah dari Bangka Belitung, dan 115 petugas kloter yang akan diberangkatkan dalam 23 kelompok terbang (kloter)”, kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya.

Untuk keberangkatan jemaah calon haji kloter I hari ini, berjumlah 359 orang dengan rincian jemaah haji laki-laki 162 orang dan jemaah haji wanita 197 orang.

Kloter I merupakan jemaah dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Mereka diberangkatkan menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan SV5581 pada hari sabtu 27 Mei 2023 pukul 09.50 WIB di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Mengenai mekanisme Pemeriksaan Paspor Jemaah Haji, Kepala Kantor Imigrasi Palembang, M. Ridwan menambahkan pada tanggal 27 Mei 2023, Petugas imigrasi sudah tiba di asrama Haji 4 hingga 5 jam sebelum keberangkatan, untuk melaksanakan Pemeriksaan dan peneraan cap keberangkatan Paspor Jemaah Haji.

Sebelumnya kata Ridwan Paspor sudah dikumpulkan secara kolektif oleh petugas dari Kementrian Agama Provinsi Sumsel. “Dengan pengumpulan paspor secara kolektif menghindarkan antrian jemaah dalam pemeriksaan keimigrasian”, ungkapnya.

Ridwan menambahkan, 1 jam sebelum keberangakatan, paspor yang sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi di kembalikan lagi ke pada calon jemaah haji yang sudah datang menunggu di dalam ruang tunggu keberangakatan di asrama haji.

“Setelah paspor dipastikan sudah berada di tangan para calon jemaah Haji, calon jemaah haji siap diberangkatkan menuju bandara SMB 2 Untuk pemberangkatan Kloter 1 Embarkasi Palembang”, kata Ridwan.

Disamping itu, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengatakan untuk memberikan kenyamanan para jemaah saat pembagian paspor yang sudah dilakukan pemeriksaan dan sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi, petugas imigrasi juga memberikan sosialisasi kepada jemaah agar dapat menyimpan paspornya dengan baik sehingga tidak jadi permasalahan setibanya di arab saudi dan selama melaksanakan ibadah haji.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya minta kepada jajaran Imigrasi Palembang untuk berikan pelayanan terbaik untuk jemaah calon haji pada saat berangkat maupun Kembali.

“Untuk teknis di lapangan selama persiapan hingga pasca kedatangan jamaah nanti, kami siap melayani dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada. Kami berharap semuanya lancar, sehingga jamaah haji bisa fokus ke ibadah dan pulang menjadi haji yang mabrur,” ungkap Ilham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lapas Kelas IIA Banyuasin

Open chat
1
Butuh Bantuan
Hallo,
Dengan layanan informasi Lapas Banyuasin